Rabu, 01 Desember 2010

Arti sebuah nama...

Hmm…. Sebelum gw mulai, gw informasikan terlebih dulu yaaa~~
Ini BUKAN tentang nama orang!

Kali ini gw ngomongin tentang “nama suatu tempat”. Kedengerannya sepele sih… gw akun.. emang sepele banget. Tapi tau gak, ada juga loh yg salah menafsirkan sebuah nama tempat (gw pernah jd salah satunya –_-“)

Singkatan-singkatan/akronim yang udah umum banget beredar di masyarakat mungkin emang ga akan menimbulkan salah tafsir. Tapi suka ada juga kan orang yang bikin nama singkatan untuk suatu tempat.. misalnya untuk tempat yang biasa dilalui, tempat nongkrong, dll. Singkatan nama2 tempat itu biasanya diperoleh dari ide kreatif seseorang/beberapa orang yang kemudian dikunakan oleh banyak orang(local yah~~ ga jauh2) dan itu biasanya familiar banget buat orang2 di sekitar tempat yg dikasi nama itu.

Gw ambil beberapa contoh yg gw tau (maaf kl ada yg kesinggung ^^V

1. Botani Square
Ini adalah nama sebuah pusat perbelanjaan (mall) yang terkenal banget di kota gw. Nama tempat ini biasa disingkat menjadi “BoQer” (atau “BoQuare”?? gw gatau deh.. yg jelas.. kuping gw biasa dengernya “BoKer” entah gimana cara nulisnya). Jujur.. dulu pas mall itu baru jadi, gw sempet rada bingung.. kenapa orang2 di sini lebih suka nyebutnya “BoKer” kan kesannya gimanaaa~~ gitu (u know what I mean) -__-“
Tapi coba Tanya sama orang2 sini.. siapa yg ga tau maksud “BoKer” d sini?? pasti pada tau semua.

Tapi ya seperti yg gw bilang sebelumnya, Cuma orang2 lokal aja yang tau & bener2 paham dengan hal ini. Contohnya.. sepupu gw dateng dari bandung sama pacarnya. Dan karena pengen jalan2.. mereka nanya.. “di sini mall yg nge-top/terkenalnya apa ya?pengen jalan nih..” jelas aja gw & sepupu gw(+pacarnya) yg sama2 tinggal d bogor langsung nyaut “BoKer!!” dan sepupu gw yg dari bandung itu langsung diem.. melongo berdua sama pacarnya. tp setelah kita jelasin bahwa yg kita maksud itu artinya nama sebuah tempat dan bukan arti yg mereka tahu sebelumnya. mereka pd ngakak.. ktnya “serius?!!” yah.. begitulah ^^

2. DPR
DPR yg gw maksud di sini bukan “Dewan Perwakilan Rakyat” ya. Tapi “DPR” yg gw maksud adalah “Dibawah Pohon Rindang”. Singkatan ini udah beredar marak banget di sekolah gw (terutama di angkatan yg udah lulus a.k.a kakak kelas gw), tapi parahnyaaaaaaa~~ gw baru ngerti apa itu “DPR” yg mereka maksud pas gw udah naik ke kelas 2.. (oke.. gw TelMi!) -_-“

Gw sering denger mereka ada bilang “gw tunggu di DPR ya!!” ato “eh.. gw udah di DPR nih.. lu dimana?” ato ada juga guru yg suka bilang “iya pak..iya..iya..saya lagi di DPR nih”. Asli gw bingung banget!! Setau gw.. mereka semua itu lagi ada di deket tangga yang dari jalan aspal di sekolah gw mengarah langsung ke ruang piket & penerimaan tamu..bukan di Dewan Perwakilan Rakyat '_'a

Setelah gw abaikan rasa malu gw.. gw Tanya ke temen gw..
Gw: “eh, emang disini DPR ya??”
Dia:”adaaa~~ nih kita lagi di DPR”
Gw:”hah??” (gw mulai berpikiran bahwa temen gw rada2..)
Dia: “iyaa~~ DPR.. Dibawah Pohon Rindang..wkwkwkkwk”
Gw: “ha?? Jadi itu artinya Dibawah Pohon Rindang??” O.o

Jadi ternyata itu maksudnya di bawah pohon ketapang yang emang rindang banget yang adanya di taman kecil pas di depan tangga arah mau masuk ke ruang piket. OH MY… *tepok jidat* ^^”

3. Perempatan
Kata yg satu ini sih udah familiar banget kan?? Tapi pernah.. suatu hari di sekolah pas gw masih kelas 1.. gw telat kelur gara2 nungguin temen gw yg lagi ngulang pelajaran TIK(peraturan yang sering diucapkan oleh sang guru TIK: “dilarang pulang sebelom bener2 bisa! Belom bisa? ULANGI!! Masih ga bisa? ULANG TERUS! Saya tungguin sampe kamu bisa!”).

Nah.. sekolah gw itu ada 1 gerbang utama untuk masuk ke lingkungan sekolah & 3 gerbang lagi buat masuk ke lingungan belajar-mengajar(mushala,kelas, ruang guru,dan ruangan2 lainnya termasuk WC). Menurut peraturan.. walopun udah malem, tapi gerbang utama ga akan ditutup sampe sekolah udah bener2 kosong sedangkan 3 gerbang itu.. 2 diantaranya Cuma dibuka pas jam sebelum bel masuk dan setelah bel pulang(dibukanya cuma sekitar 3 jam.. kl kita keuarnya ngaret dari 3 jam? Ya terpaksa.. lewat yg tengah.. yg langsung nyambung ke ruangan kekuasaan para guru & staff TU.

Jadi tuh.. 1 pintu..pas kita masuk, maka kita akan langsung berada di tengah2.. kl ke kiri = ruang guru ; ke kanan = ruang TU(Tata Usaha) ; ke belakang(balik lagi) = taman cinta (sumpah ya.. mpe sekarang gw gatau knp tu taman dikasi namanya gombal abis ky gitu) ; ke depan = meja piket, penerimaan tamu umum (selain tamunya KepSek) & pintu keluar (depan DPR).

Waktu itu gw jd telat keluar & udah kepisah2 sama temen2 gw yang udah keluar duluan, gw sms lah mereka “oi! Pd di mana??” dan mreka jawab “perempatan!”
Gw kira mereka udah bener2 di perempatan di jalan raya.. eh taunya pas gw ngedumel sambil lewat pintu tengah itu.. temen2 gw lg pd duduk2 sntai di sofa… pas gw Tanya “eh? masi disini? Katanya udah di perempatan?” mreka jawab “lah ya kan ini juga perempatan.. coba perhatiin tempat lu berdiri..” trus gw liat sekeliling dan setelah 10 detik berlalu.. “whew..iya juga yahh… ini perempatan..” ^^> *blushing*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar